Riset dan Pengembangan
 
Riset dan pengembangan adalah bagian yang penting dari aktivitas PT SIMP.
 
Divisi Perkebunan
 
Grup mengoperasikan sebuah pusat penelitian agrikultur yang terkemuka. Grup memiliki kapabilitas sendiri dan pengalaman yang kuat di bidang riset dan pengembangan untuk analisa tanah, jaringan tanaman, kelapa sawit dan karet. Laboratorium dan fasilitas yang lengkap mendukung untuk melakukan penelitian yang mendalam dalam jaringan tanaman dan patologi.
 
Aktivitas riset dan pengembangan meliputi empat bidang utama yaitu:
  • Pemuliaan benih: Pengembangan bibit dan bahan tanaman unggulan melalui metoda pemuliaan benih tradisional, plasma nutfah yang beragam dan teknologi hayati, yang didukung oleh pengalaman uji coba di lapangan yang menguji progeni di berbagai kondisi lingkungan.
  • Agronomi: Analisa rinci yang memberikan rekomendasi optimal kepada perkebunan kami untuk hasil panen dan densitas penanaman, pupuk dan penggunaan herbisida, dan juga estimasi hasil panen dan tingkat rendemen minyak sawit.
  • Proteksi tanaman: Pengembangan sistem pengelolaan hama terintegrasi guna mengurangi kehilangan hasil tanaman, serta untuk mencegah dan membunuh hama dan penyakit termasuk kontrol bio-pest.
  • Analisa Data: Analisa data antara lain meliputi survei Global Positioning System untuk pemetaan blok tanaman dan semua infrastruktur, pembuatan peta topografi dan aplikasi Geographic Information System dengan menggunakan teknologi Citra Satelit (Remote Sensing) untuk keperluan analisa riset dan data base.
 
 
Dengan menggunakan inovasi pemuliaan benih, agronomi dan proteksi tanaman, Grup bermaksud untuk meningkatkan produktivitas panen serta mengurangi biaya tenaga kerja. Grup juga memanfaatkan riset dan pengembangan serta program pemuliaan benih untuk memperbaiki beban produksi, keberlanjutan lingkungan dan dan memaksimalkan keuntungan untuk jangka yang panjang.
 
Divisi Minyak & Lemak Nabati
 
Divisi Minyak dan Lemak Nabati merekrut tim riset yang berpengalaman dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan dan mengembangkan produk baru yang dibutuhkan oleh industri dan pelanggan ritel. Grup memiliki laboratorium simulasi yang dapat memproduksi berbagai jenis lemak nabati untuk keperluan riset dan pengembangan. Grup melakukan riset dan pengembangan untuk berbagai tujuan, diantaranya:
  • meningkatkan kualitas dan konsistensi produk
  • mengembangkan produk lemak nabati yang digunakan dalam pembuatan kue, roti, confectioneries, dan produk bakery lainnya; dan
  • mengembangkan bahan dan desain kemasan baru untuk mengurangi biaya.
 
Melalui riset dan pengembangan tersebut, Grup akan terus meningkatkan daya saingnya dengan mengembangkan teknologi budidaya dan pengolahan hasil perkebunan, serta memperkenalkan produk baru minyak goreng, margarin dan lemak nabati untuk memenuhi kebutuhan industri dan pelanggan ritel.
 
 
 
 
© Copyright PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP). All rights reserved.