Riset dan Pengembangan
 
Kegiatan penelitian agronomi Divisi Perkebunan didukung oleh dua pusat penelitian dan pengembangan (Litbang): Sumatra Bioscience (SumBio) di Bah Lias, Sumatera Utara, dan PT Sarana Inti Pratama (SAIN) di Pekanbaru, Riau. Selain itu, kami juga memiliki tim Litbang yang berada di lahan perkebunan tebu kami di Sumatera Selatan, yang berfokus pada budidaya tebu. Program-program dan prioritas Litbang kami terutama berfokus pada peningkatan hasil panen dan produktivitas, dan ketahanan tanaman, serta menyempurnakan praktik pengelolaan perkebunan yang baik.
 
Selain itu, kami juga memiliki tim Litbang yang berada di Jakarta untuk mendukung kegiatan usaha Minyak & Lemak Nabati. Kegiatan-kegiatan Litbang tersebut terus memberikan kontribusi bagi pencapaian Grup SIMP untuk produksi yang berkelanjutan serta mendukung daya saing usaha dalam jangka panjang.
 
Upaya Litbang Grup SIMP meliputi:
  • Pemuliaan benih bibit, yang memanfaatkan pendekatan bioteknologi, aneka ragam plasma nutfah dan teknik budidaya mutakhir lainnya, untuk memproduksi benih bibit dan bahan tanaman unggul berkualitas terbaik serta tahan penyakit. Untuk komoditas gula, kami memiliki berbagai varian baru tebu yang ekstensif, yang telah melewati seleksi ketat selama 5 tahun sebelum memperkenalkan varian komersial yang baru.
  • Pertanahan dan hidrologi, yang meliputi kegiatan survei dan analisa tanah, serta studi hidrologi untuk meningkatkan kesuburan tanah dan drainase.
  • Agronomi, meliputi pengelolaan tanah dan teknik budidaya tanaman yang tepat, guna memastikan pengelolaan dan tingkat kerapatan tanaman yang optimal, serta penggunaan pupuk dan herbisida secara blok per blok.
  • Perlindungan tanaman, yang menekankan pada pemanfaatan bahan-bahan biologis dan alami untuk pengendalian hama dan penyakit.
  • Perekaman data dan pengelolaan informasi, termasuk analisis data yang akurat menggunakan peta 2D dan 3D dari GPS dan survei pemetaan tanah, serta penggunaan sistem piranti lunak terintegrasi yang memberikan akses data ke seluruh anak usaha, fasilitas penyulingan dan lahan perkebunan, guna mendukung pengambilan keputusan manajemen yang lebih baik.
  • Pengembangan produk, meliputi pengembangan formula khusus minyak dan lemak nabati guna memenuhi berbagai ragam kebutuhan konsumen industri dan ritel.
 

Upaya-upaya Litbang di bidang agrikultural dijalankan oleh para ilmuwan dan peneliti berpengalaman, yang mahir menguasai kerangka metodologi terbaru untuk melakukan budidaya dan produksi benih bibit unggul kelapa sawit yang premium. SumBio dan PT SAIN termasuk dari 13 produsen benih bibit kelapa sawit yang diakui di Indonesia, dengan sertifikasi dan dukungan fasilitas mutakhir yang dibutuhkan untuk memproduksi bahan tanaman berkualitas tinggi yang sesuai dengan kondisi iklim setempat.

 

Pusat Litbang Mutakhir Grup SIMP
 

Pusat Litbang

Lokasi

Kapasitas Produksi

Sumbio Bah Lias, Sumatera Utara 25 juta benih bibit kelapa sawit per tahun
PT SAIN Pekanbaru, Riau 8 juta benih bibit kelapa sawit per tahun

 

 
 
 
 
© Copyright PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP). All rights reserved.