Keunggulan Kompetitif
 
Grup percaya bahwa keuntungan bisnis yang diperoleh dari keunggulan-keunggulan kompetitif telah mendorong posisi perseroan sebagai salah satu grup agribisnis yang terintegrasi di Indonesia.
 
a. Salah satu perusahaan perkebunan terbesar di Indonesia dengan lokasi yang strategis dan saling berdekatan
Pada tanggal 30 Juni 2011, Grup memiliki areal sekitar 205 ribu hektar tanaman kelapa sawit, dimana komposisi umur tanaman adalah sekitar 24% tanaman yang belum menghasilkan dan sekitar 16% tanaman yang berumur empat sampai enam tahun. Tanaman tersebut diharapkan akan meningkatkan produksi CPO di masa mendatang dimana ketika tanaman muda tersebut mulai memasuki umur menghasilkan dan/atau mulai memasuki umur puncak produksi kelapa sawit. Perkebunan kelapa sawit Grup memiliki lokasi strategis yang saling berdekatan satu dengan yang lainnya, dan juga berdekatan dengan fasilitas pengumpulan hasil tanaman kelapa sawit dan fasilitas pengolahan. Hal ini menjadikan pengelolaan perkebunan yang efisien, serta biaya transportasi dan biaya lainnya yang lebih rendah. Sebagian besar lahan perkebunan Grup memiliki topografi yang datar dan sedikit bergelombang, sehingga menekan biaya penanaman, perawatan dan panen.
 
b. Operasi usaha ekstensif yang terintegrasi secara vertikal
Grup adalah bagian dari kelompok agribisnis yang terintegrasi secara vertikal dari penelitian dan pengembangan, pemuliaan benih, perkebunan dan pengolahan kelapa sawit sampai produksi dan pemasaran minyak goreng, margarin dan lemaknabati. Grup SIMP percaya dengan tingginya tingkat integrasi vertikal akan memberikan sinergi dan keunggulan kompetitif pada efisiensi biaya dan daya tawar yang lebih kuat. Divisi Perkebunan kelapa sawit Grup memberikan hampir seluruh pasokan CPO secara internal untuk kebutuhan hilir divisi minyak goreng dan lemak nabati, serta menurunkan tingkat ketergantungan pembelian CPO dari pihak ketiga.
 
Grup memiliki 20 fasilitas pengolahan di Sumatra dan Kalimantan dengan jumlah keseluruhan kapasitas produksi mencapai 4,6 juta ton TBS per tahun. Grup secara bertahap meningkatkan investasi di rantai pasokan CPO, termasuk tempat penampungan, tongkang, truk dan truk tangki untuk memastikan tingkat efisiensi rantai pasokan CPO.
 
Grup juga memiliki dan mengoperasikan fasilitas penyulingan dan fraksinasi yang berada di lokasi strategis di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bitung. Dengan pembangunan fasilitas penyulingan yang baru di Tanjung Priok dengan kapasitas penyulingan 420.000 ton CPO pada bulan Desember 2010, Grup memiliki total kapasitas penyulingan sekitar 1,4 juta ton CPO per tahun. Volume bisnis kami yang besar memungkinkan untuk mengoperasikan fasilitas tersebut dengan tingkat utilisasi yang tinggi dimana memberikan skala ekonomi yang diinginkan. Dengan dilakukannya sebagian besar rantai produksi, Grup mampu mencapai efisiensi dan koordinasi yang lebih baik dalam hal perencanaan, logistik, produksi dan perdagangan.
 
c. Dengan merek dan loyalitas yang kuat, Grup adalah salah satu pemimpin pasar di Indonesia, yang merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar dengan pertumbuhan pasar yang tinggi
Grup telah membangun merek yang kuat selama beberapa dekade di Indonesia dan dengan kemampuan untuk memahami pasar di Indonesia, termasuk selera konsumen, daya beli dan preferensi lainnya, Grup mampu menjaga loyalitas konsumen terhadap merek-merek yang dimilikinya. Grup meyakini bahwa kepercayaan dan loyalitas yang telah dibangun, memberikan keunggulan kompetitif kepada Grup dalam hal menjaga basis konsumen yang besardan harga jual produk. Selain itu, reputasi yang baik, memberikan Grup kemampuan untuk mengembangkan dan memasarkan produk baru atau penambahan dari produk-produk yang sudah ada, mengingat dalam mencoba produk-produk baru, konsumen akan cenderung memilih merek-merek yang telah terpercaya. Dengan memiliki reputasi dan merek yang sudah dikenal oleh pasar, Grup mampu mengurangi biaya iklan yang tinggi dan memperoleh keuntungan dala mmelakukan negosiasi syarat dan ketentuan distribusi dengan para distributornya.
Selama beberapa tahun, merek-merek Grup telah menerima banyak penghargaan, seperti
  1. Superbrands Indonesia Award dari Superbrands International sejak tahun 2003 sampai 2010,
  2. Platinum level of Indonesia Best Brand Award dari SWA MARS sejak tahun 2002 sampai 2010.
  3. Top Brand Category Cooking Oil Award dari SWA Frontier sejak tahun 2006 sampai 2010 untuk merek "Bimoli"
  4. Diamond level of Indonesia Customer Satisfaction Award dari SWA Frontier setiap tahun sejak tahun 2000 hingga 2010.
 
d. Akses kejaringan distribusi yang luas di seluruh Indonesia
Pada tanggal 31 Maret 2011, Grup SIMP mendistribusikan produk bermerek melalui sekitar 291 ribu pengecer di seluruh Indonesia dan 120 distributor, termasuk jaringan distribusi Grup ISM, yang memberikan akses distribusi melalui salah satu anak perusahaan PT ISM dan distributor pihak ketiga. Produk Grup SIMP juga dipasarkan di 42 negara. Grup SIMP terus menjaga dan meningkatkan hubungan dengan distributor pihak ketiga guna meningkatkan jalur distribusi. Pada tanggal 31 Maret 2011, jaringan distribusi Grup ISM mempunyai sekitar 1.100 stock point di seluruh Indonesia, dimana setiap stock point berada di wilayah outlet ritel dan/atau berada di toko tradisional yang melayani toko eceran. Grup SIMP percaya bahwa dengan jumlah stock point yang besar dan kedekatan stock point dengan pasar akan menimbulkan keunggulan kompetitif, dan menghasilkan pengiriman produk yang lebih cepat dan sering dibandingkan dengan kompetitor, hal ini akan meningkatkan ketersediaan dan kualitas produk. Sistem stock point memungkinkan Grup SIMP untuk mengurangi biaya transportasi dan distribusi.
 
e. Kemampuan riset dan pengembangan yang mapan serta program pemuliaan benih
Dengan dilakukannya riset dan pengembangan akan membantu Grup untuk mencapai hasil produksi yang tinggi serta efisiensi biaya. Dengan melakukan riset dan pengembangan, Grup telah mengembangkan kecambah tanaman kelapa sawit dengan potensi hasil yang tinggi, dan kami memiliki kapasitas untuk memproduksi sampai sebanyak 34juta kecambah sawit per tahun. Tim riset dan pengembangan Grup berdedikasi melakukan penelitian yang difokuskan pada pemuliaan benih untuk meningkatkan hasil TBS. Grup akan terus mempertahankan dan meningkatkan keberhasilan riset dan pengembangan serta program pemuliaan benih untuk menurunkan biaya produksi dan menjaga lingkungan secara berkelanjutan serta memaksimalkan keuntungan di masa mendatang.
 
f. Manajemen, tim pemasaran dan teknis yang berpengalaman
Manajemen, tim pemasaran dan teknis Grup SIMP yang berpengalaman telah menunjukkan kemampuan membangun dan mengintegrasikan aktivitas operasional dengan sukses melalui pengalaman bertahun tahun, hal ini terlihat dari rekam jejak yang sukses dalammengelola bisnis Grup. Khususnya, manajemen, tim pemasaran dan teknis Grup telah memimpin proses bisnis melalui pengembangan product-mix pelengkap, mengembangkan pengakuan dan loyalitas merek, mengelola volatilitas harga dan mengidentifikasi kesempatan bisnis baru, termasuk menentukan lokasi perkebunan kelapa sawit yang sesuai serta pembangunan pabrik pengolahan kelapa sawit dan penyulingan. Tim manajemen senior Grup memilikipengalaman industri di Indonesia dengan rata-rata pengalaman di atas 15 tahun di bidang agribisnis. Dengan arahan dari manajemen senior, Grup telah berhasil mengembangkan kegiatan usahanya dalam beberapa tahun terakhir, termasuk dengan memasuki bisnis gula, serta meningkatkan luas area lahan tertanam yang dimiliki dari sekitar 61 ribu hektar pada tahun 2005 menjadi sekitar 242 ribu hektar pada tanggal 30 Juni 2011.
 
 
 
 
© Copyright PT Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP). All rights reserved.